LUTRA – Pada perayaan Hari Anak Nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Utara , Kamis (11/8) di Halaman Gedung Cagar Budaya onderafdeling Masamba dengan tema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’ dihadiri oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani dan Kepala DP3AP2KB, Andi Zulkarnain.

Baca Juga : Pemda Lutra Perkuat Gerakan PATBM di 60 Desa/Kelurahan

Zulkarnain mengatakan, agenda perayaan tersebut berbeda pasca pandemi covid-19 sebab terlaksana dengan meriah dan diharapkan menjadi momentum untuk mengingatkan agar dapat meningkatkan peran dalam pembinaan anak.

Indah Putri Indriani selaku Bupati Luwu Utara berharap agar semua anak memiliki akses dalam mendapatkan perlindungan dan kesehatan karena perayaan Hari Anak Nasional menjadi momen peduli terhadap hak anak.

Lanjutnya, hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah hak anak untuk  bersosialisasi, maka peran dari orang dewasa adalah memberikan perlindungan dari segala tindak negatif.

“Hal yang sangat penting juga adalah anak sangat berhak untuk bermain, bergaul, memanfaatkan waktu Luang dan beristirahat.  kita sebagai orang dewasa berkewajiban memberikan perlindungan pada anak terhadap diskriminasi , Eksploitasi ekonomi maupun seksual , kekerasan , penganiayaan dan sebagainya,” jelasnya.

Tidak hanya itu, ia pun menjelaskan realisasi kebijakan Pemda Lutra untuk pemenuhan hak partisipasi dari anak maka dibuat wadah untuk mereka.

“Bentuk nyata kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Luwu utara dalam memenuhi hak partisipasi anak tersebut adalah dengan adanya forum anak sebagai wadah partisipasi anak di tingkat kabupaten Kecamatan maupun tingkat desa/kelurahan,” ujarnya.

Ia juga memaparkan bahwa bentuk kebijakan pemerintah Lutra lainnya terhadap anak yaitu sejak tahun 2017 kabupaten luwu utara telah mengikuti evaluasi KLA yang dilakukan oleh KPPPA RI di mana telah mendapatkan penghargaan KLA sebanyak 6 Kali.