LUWU UTARA – Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi membuka Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) catur yang digelar di Kabupaten Luwu Utara, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga : Muhammad Fauzi Tinjau Progres BSPD KemenPUPR

Dalam kejuaran catur, setidaknya 150 atlet dari 21 kabupaten kota se Sulawesi Selatan akan bertanding. Hasil kejurprov ini juga akan menjadi dasar pertimbangan yang akan mewakili Sulawesi Selatan pada kejuaraan Nasional yang akan digelar di Jakarta.

Pada saat pembukaan kegiatan itu pria yang akrab disapa Abang Fauzi itu mengatakan, jika sudah sepantasnya semua pihak termasuk pemerintah mensupport setiap kegiatan keolahragaan termasuk catur ini.

“Kita harus mengambil peran masing masing untuk bagaimana setiap kegiatan kita seperti kejuaraan catur ini terus eksis,” katanya.

Legislator senayan dapil Sulsel III itu berharap, dari kejuaraan yang di gelar di Luwu Utara ini bisa menghasilkan atlet yang akan mengharumkan nama daerah.

“Tadi disampaikan kalau kejuaraan ini juga merupaka tahapan seleksi untuk memilih atlet yang akan dikirim ke Jakarta mewakili Sulawesi Selatan mengikuti kejurnas,” jelasnya.

“Nah untuk kejurnas nanti, saya siapkan bonus untuk atlet atlet muda kita yang berprestasi disana. Kalau ada atlet catur kita yang juara di kejurnas ada bonus dari saya, lima puluh juta untuk juara satu, dua puluh lima juta juara tiga dan lima belas juta untuk jura ke tiga,” sambungnya.

Fauzi juga menegaskan jika dirinya juga mendukung dan siap mensupport jika kejuaraan catur dijadikan agenda tahunan di Luwu Utara.

“Kalau memungkinkan kegiatan ini setiap tahun digelar di Luwu Utara saya rasa kita siap. Kalaupun namanya bukan kejurda atau kejurprov pakai nama lain juga tidak apa,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Sulsel, Hamka menyampaikan apresiasinya kepada Muhammad Fauzi yang mendukung penuh kegiatan tersebut sehingga bisa terlaksana.

“Atas nama pengurus Catur Sulsel menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dukungan Abang Fauzi sehingga kegiatan ini bisa diselenggarakan. Semoga apa yang kita harapkan dari kegiatan ini bisa kita capai,” tuturnya.