LUTRA – Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan di Kecamatan Masamba, Luwu Utara. Dalam sosialisasi itu ia banyak membedah nilai Pancasila yang menjadi landasan atau pegangan dasar bagi masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga : Ramah Tamah Pemuda Pancasila Dihadiri Danny Pomanto

 

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini digelar di Kelurahan Kappuna, Kecamatan Masamba, Luwu Utara, dan dihadiri ratusan masyarakat mulai dari kalangan mahasiswa, pelajar hingga ibu rumah tangga. Sosialisasi ini dikemas santai juga ada game dan tanya jawab.

 

 

Dalam Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kali ini, Fauzi lebih banyak membahas tentang nilai nilai Pancaila dalam pengaplikasianya dalam kehidupan sehari hari.

 

 

” Setiap aktivitas, keputusan, dan kebijakan baik oleh pemerintah maupun masyarakat selayaknya berpedoman pada Pancasila. penting, maka dari itu dijadikan sebagai dasar negara Indonesia,” kata Fauzi.

 

 

Pria yang akrab disapa Abang Fauzi itu menyampaikan nilai dari Pancasila sendiri bisa ditunjukkan melalui lima sila yang tercantum, yaitu Nilai Ketuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai Kerakyatan dan Nilai Keadilan.

 

 

” Nilai ketuhanan adalah nilai yang mencerminkan Indonesia sebagai negara yang beragama. Artinya, setiap warga Indonesia memeluk agama yang dipercaya. Sila pertama dalam Pancasila dilambangkan dengan bintang berwarna emas dengan latar belakang berwarna hitam. Lambang Pancasila ini menggambarkan bahwa segenap bangsa Indonesia mengakui adanya Tuhan yang Maha Esa,” jelasnya.

 

Lanjutnya, sedangkan nilai kemanusiaan adalah nilai yang mengajarkan bahwa setiap warga Indonesia harus bersikap adil dan manusiawi kepada setiap orang terlepas dari perbedaan yang ada.

 

 

Sementara nilai persatuan adalah nilai yang memiliki arti bahwa warga Indonesia harus bersatu dan tidak boleh terpecah-belah karena adanya perbedaan.