LUTRA – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) gelar seminar kesehatan dalam rangka peringati HUT ke-71 dengan tema ‘Perjalanan panjang profesi bidan mewujudkan Generasi unggul menuju Indonesia Maju’ pada Selasa, 26 Juli 2022 yang terlaksana di Aula Hotel Remaja Masamba.

Baca Juga : Mahasiswi KPI IAIN Dapat Pelatihan Singkat Pranata Humas Diskominfo Lutra

 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan serta pengetahuan para bidan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi

 

Ketua IBI Luwu Utara,  Bidan Nurul Sukma mengatakan bahwa sejalan dengan tema yang diangkat pada seminar tersebut, ada beberapa program kegiatan yang melibatkan bidan di desa bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam hal ini melibatkan dinas kesehatan dan DP3P2KB Yaitu membentuk Tim pendamping keluarga yang terdiri dari bidan dan Kader PKK.

 

Disamping itu juga sebagai mitra profesional pemerintah menjalankan peran dalam pelayanan pencegahan Stunting melalui pendekatan kesehatan gizi dan KB.

 

Ia juga mengatakan bahwa terdapat kurang lebih 700 bidan yang keberadaannya tersebar pada semua instansi pemerintah.

 

“Pada kesempatan ini kami melaporkan bahwa jumlah bidan yang ada di luwu utara berjumlah kurang lebih 700 orang, keberadaan tenaga bidan tersebar di semua instansi pemerintah dan swasta baik sebagai tenaga ASN maupun Non ASN,” jelasnya.

 

Dilain sisi, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani dalam sambutannya mengucapkan selamat atas hari jadi IBI dan menjelaskan bahwa tidak ada batasan usia dalam pengabdian.

 

“Selamat untuk hari jadi IBI ke-71 kalau berdasarkan klasifikasi  WHO kita sudah masuk kedalam usia lansia tapi dalam pengabdian tidak ada kata lansia tapi pengabdian harus terus semangat,” ujarnya.