MAKASSAR – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Pemkab Lutra) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan master plan kota cerdas (Smart city) dan quick Win Kabupaten Luwu Utara dalam rangkaian implementasi gerakan menuju kota cerdas Kabupaten Luwu Utara tahin 2022, yang digelar di Aula Lagaligo Kantor Bupati Luwu Utara, pada Senin (12/6/2022).

Baca Juga : Hari Lingkungan Hidup, Pemkab Lutim Puji Pengelolaan Lingkungan PT Vale

Bimbingan teknis ini dibuka langsung oleh Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani yang memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kominfo RI karena telah memilih Lutra sebagai penyelenggara gerakan Smart city.

“Apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kementerian Kominfo republik Indonesia atas ditetapkannya Kabupaten luwu utara sebagai salah satu daerah penyelenggara gerakan smart city ,sebagaimana kita ketahui bahwa ada 141 kabupaten yang telah ditetapkan oleh kementerian Kominfo RI dan ada 50 daerah yang melalui proses seleksi dan salah satunya adalah Kabupaten luwu utara yang telah ditetapkan beberapa waktu yang lalu,” ucapnya.

Ia selaku pimpinan sangat yakin program ini akan berjalan sesuai apa yang diharapkan.

“Dengan adanya kepercayaan ini dan dukungan dari kementerian Kominfo republik Indonesia kami Optimis bahwa gerakan ini insya Allah akan menjadikan kota Masamba menuju smart city menyusul kota-kota lainnya yang telah lebih dahulu menjadi smart city,” paparnya.

Menurutnya, pasca banjir bandang di Masamba menjadi tantangan yang berat untuk mewujudkan smart city dan juga membutuhkan kolaborasi multipihak.

“Tugas kita memastikan masyarakat di kawasan smart people  tersebut yaitu kota masamba dan sekitarnya memiliki kapasitas unggul dan mampu menjadi tuan rumah yang baik dalam penerapan smart people,” lanjutnya.

Ia berharap gerakan ini menjadi awal yang baik untuk mewujudkan mimpi bangsa Indonesia sebagai bangsa digital.

Sementara itu, Kadis Kominfo Sulawesi Selatan, Amson Padolo yang hadir secara virtual mengapresiasi Bimtek yang digelar dan ini merupakan momentum dalam melakukan akselerasi, transformasi di seluruh Indonesia secara umum dan secara khusus di wilayah Sulawesi Selatan

“Kami sangat apresiasi terpilihnya Kabupaten utara pada program gerakan pendampingan kota cerdas oleh Kemenkominfo RI, setelah melewati berbagai rangkaian asesmen dari Kemenkominfo RI,” ucapnya.

Menurutnya hal ini tidak lepas dari pemegang nahkoda di Lutra yang berhasil membawanya memenuhi kriteria pengembangan kota cerdas.

“Ini tentu tidak terlepas dari dukungan dari kepemimpinan dan komitmen dari Ibu Bupati Luwu utara serta segenap jajaran dan harapan kami kesiapan Kabupaten luwu utara dilakukan secara detail dengan melibatkan semua pihak termasuk unsur perguruan tinggi dan Institut sehingga penyusunan smart city bukan hanya berdasarkan keinginan tetapi berdasarkan data dan kebutuhan yang tepat agar master plan kota cerdas yang disusun menjadi komprehensif dan akurat,” pungkasnya.