LUTRA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) mendukung upaya pemerintah menghentikan siaran TV analog untuk beralih ke TV Digital.

 

Baca Juga : Andi Sudirman Kucurkan 14,5 M untuk Pembangunan Lutra

 

Dukungan ini disampaikan Kepala Diskominfo SP Luwu Utara, Arief R. Palallo, usai mengikuti Rapat Koordinasi Pendistribusian Bantuan Set Top Box (STB) bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johny G. Plate, yang dilaksanakan secara virtual belum lama ini.

Kadis Kominfo Arief R. Palallo mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya penghentian dan penutupan siaran TV analog untuk kemudian beralih ke siaran TV digital. Program Digitalisasi Televisi ini biasa juga disebut Analog Switch-Off (ASO).

“Program ASO ini sudah sesuai dengan Amanat Undang-Undang Cipta Kerja. Di mana Kemkominfo mempunyai tugas menghentikan penyiaran TV analog untuk kemudian beralih ke siaran TV digital,” kata Arief

Ia menjelaskan bahwa peralihan dari siaran analog ke siaran digital, adalah sebuah proses migrasi siaran televisi. Di mana teknologi penyiaran TV analog itu akan dikonversi ke TV digital atau digantikan oleh TV digital. Migrasi TV ini ditarget selesai pada 2 November 2022.

Hal tersebut dilakukan untuk mendukung program ASO, Kemkominfo akan menyiapkan piranti set top box (STB) kepada 5,5 juta warga miskin di seluruh Indonesia yang dibagi secara cuma-cuma alias gratis. STB ini adalah sebuah alat untuk dapat menjangkau siaran TV digital.

Ia berharap, Lutra juga bisa mendapatkan bantuan STB untuk tahap awal.

“Semoga Kabupaten Luwu Utara bisa mendapat bantuan STB untuk tahap pertama,” harapnya.

Lanjutnya, Pemda Lutra akan siapkan DTKS sesuai dengan apa yang diminta oleh Kemkominfo.