MAKASSAR – Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani memantau pencanangan Bulan Imunisasi Nasional (BIAN) tingkat kabupaten yang digear di SD 152 Sukamaju 2, Kecamatan Sukamaju, pada hari Selasa (24/5/2022).

Baca Juga : Bupati Bima: Kerja Keras Kementan Sukses Tingkatkan Produksi Beras Nasional

Bupati Lutra menjelaskan BIAN merupakan kegiatan imunisasi tambahan Campak-Rubela serta melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat yang dilaksanakan selama bulan Mei dan Juni dan bertujuan untuk mencapai juga mempertahankan kekebalan populasi tinggi.

“Pada kegiatan BIAN ada 2 kegiatan yaitu memberikan imunisasi tambahan Campak-Rubela pada anak usia 9 bulan -12 tahun dan kejar imunisasi pada sasaran usia 12 bulan sampai dengan 59 bulan yang belum melengkapi imunisasi,” terangnya.

Pelayanan imunisasi BIAN akan dilayani di 16 puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan dan sekolah-sekolah.

Adapun manfaat BIAN dapat mencegah sakit dan cacat akibat campak, polio, pertusis (Batuk rejan), rubela, difteri, hepatitis B, pneumnia dan miningitis.

Hingga tanggal 24 Mei 2022 imunisasi tambahan campak dan rubella di usia 9 bulan hingga 12 tahun di Lutra mencapai 1,90% dari target 65.382 anak.

Indah menambahkan untuk mencapai target yang telah ditentukan, pihaknya akan lebih gencar melakukan sosialisasi dan memassifkan pelayanan kepada masyarakat.

“Imunisasi lanjutan ini kedepannya kita akan sosialisasikan lebih intensif dan massifkan pelayanannya kepada masyarakat sehingga bisa mencapai target,” tutupnya.

Baca Juga : Pemkab Lutra Gelar Sosalisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko